Cara Membuat VPS di Google Cloud Platform

Google Cloud Platform adalah layanan cloud dari Google yang terdiri dari berbagai produk seperti Compute, Storage, Networking, Big Data, Machine Learning, dan IoT. Pada tutorial kali ini saya akan memberikan bagaimana cara membuat VPS (Virtual Private Server) di Google Cloud Platform.

Login ke google cloude dengan link berikut https://console.cloud.google.com

Name, Ini akan menjadi nam VM (Virual Machine) sekaligus sebagi hostname.
Zone, Merupakan tempat dimana server akan diinstal. Lokasi ini berpengaruh dengan biaya sewa VPS nya. Saran saya bijaklah dalam memilih tempat VPS nya, pilih sesuai dengan budget anda. Untuk info lengkap biasa sewa harganya disini.
Machine type, spesifikasi CPU (processor) dan RAM. Klik Customize untuk mengubah spesifikasi.
Boot disk, pilih sistem operasi dan besaran kapasitas disk sistem.

Identity and API access, aplikasi yang berjalan dalam VM instance ini dapat diatur agar bisa mengakses Cloud API. Akses API ini bisa dinonaktifkan dengan memilih No service account.
Firewall, centang Allow HTTP traffic dan Allow HTTPS traffic jika ingin mengijinkan akses ke web server.

VPS atau VM instances sudah aktif. External IP merupakan public IP dari VPS, dan Internal IP merupakan private IP dari VPS.

Anda dapat melakukan remote shell ke VPS melalui SSH client di browser. Jadi jika ada masalah tidak bisa me-remote VPS melalui SSH client dari desktop anda masih bisa mengaksesnya melalui browser. Untuk aksesnya klik SSH | Open in browser window. Berikut tampilan remote SSH browser milik google.

Anda dapat melihat Monitoring penggunaan CPU, Network, dan Disk pada panel sebelah kanan.

Untuk mengubah machine type atau spesifikasi CPU dan RAM, VM instance harus dimatikan atau di-stop terlebih dahulu VM nya.

selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *